Senin, 03 September 2012

Jadi Guru... Berjuta Rasanya

Diposting oleh Heni Puja di 08.50

Pepatah mengatakan "raihlah cita-citamu setinggi langit". Ini bukanlah sesuatu yang salah. Memang benar setiap manusia harus dan wajib memiliki cita-cita, karena dengan memiliki cita-cita seseorang akan memiliki arah dan tujuan untuk hidup. Dan tujuan hidupku tersebut terbesit sejak aku duduk di bangku SD kelas satu. Saat itu, aku tidak mengerti apa itu ketulusan, pengabdian, dan kesabaran. Yang aku tau saat itu yaitu seorang guru SD kelas satu yang selalu mengajariku menggambar, mengajariku membaca, dan juga berhitung dengan senyuman yang selalu mengembang. Yang aku tau seorang guru SD yang menegur dengan penuh kelembutan saat aku berbuat nakal. Yang aku tau seorang guru SD yang suatu saat membuatku ingin seperti beliau. Keinginanku tersebut aku jadikan sebagai sebuah cita-cita yaitu menjadi Guru hingga saat ini, meski saat itu aku tidak tau persis apa itu cita-cita.

Hingga saat ini aku duduk di semester 7 disebuah universitas negeri jurusan pendidikan dan sedang menjalani program PPL di suatu sekolah negeri di Kota Batu. Kesan pertama mengajar di suatu sekolah, "menjadi guru berjuta rasanya". Bagaimana tidak?? Sebelum mengajar harus siap secara material dan juga mental. Harus menguasai materi, harus membuat perangkat mengajar, belum lagi rasa dag dig dug dag dig dug nya serasa jantung goyang disko. Kalau saat sekolah dulu aku selalu berfikir " oohhh sungguh enaknya jadi guru... cuma ngasih tugas ama murid dan gak harus ngerjain tugas yang banyak banget". Tapi sekarang aku bisa bilang " ternyata lebih enak jadi siswa, tinggal ngerjain soal yang udah ada, gak perlu mikir buat soal, tinggal duduk dan mendengarkan Guru".

Tapi sebenarnya aku mulai menikmati menjadi Guru. Bisa bertemu murid-murid serasa umurku gak nambah-nambah :D. Semakin mengenal mereka, semakin banyak hal-hal unik yang gak pernah ada dalam hidupku. Menjadikan aku semakin bersyukur atas apa yang aku punya dan yang telah aku dapat. Semakin ingin segera menjadi guru sungguhan, seperti cita-cita ku dulu, guru sebagai salah satu jalan untuk berbakti terhadap nusa dan bangsa. :)

4 komentar:

  1. waah yang lagi PPL nih.. Salam Kenal ^_^, aku juga kuliah di jurusan pendidikan.. tapi masih semester 3 =D

    BalasHapus
  2. salam kenal juga :)
    iya nih lagi PPL dapat 1 bulan, wahh teman satu profesi nihh... smangat ya.. nanti juga ngrasain kok asam manisnya jadi mahasiswa PPL :D

    BalasHapus
  3. wah..mudah2an smuanya b'jalan lncar n' bsa jdi guru yang paliiiiing baik...
    (+_<)

    BalasHapus
  4. Ammiiinnn... semoga doanya di angkat ke langit dan dikabulkan oleh Allah...
    makasi doanya... :)

    BalasHapus

 

Galeri Mozha Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea

Animated Social Gadget - Blogger And Wordpress Tips Read more: http://pasartokoonline.blogspot.com/2012/06/pasang-tombol-animasi-sosial-bookmark.html#ixzz2SlGCmNcP